Minggu, 11 Maret 2012

Saudara JYJ men-tweet tentang ‘Sasaeng fans’ dan kehidupan JYJ

eng fans” telah menjadi topik panas pada beberapa situs baru-baru ini. JYJ sedang tur ke Amerika Selatan, selama konferensi pers di Chili pada 8 Maret mereka membicarakan tentang insiden dan memberi penjelasan kecil. Sejalan dengan bergantinya berita dan laporan membuat ‘sasaeng fans’ terlihat susah untuk mengerti perasaan mereka tentang kontroversi ini.
Beruntungnya, saudara-saudara mereka yang telah tinggal bersama mereka, membantu dan mengekspresikan bagaimana perasaan mereka terhadap sasaeng fans.
Pada 9 Maret, saudara perempuan Jaejoong dan saudara laki-laki Junsu, Junho membawa masalah ini pada akun twitter mereka sebagai dukungan mereka untuk JYJ.
Jaejoong’s sister
Inilah mengapa entertainers depresi dan membunuh dirinya sendiri! Inilah mengapa mereka mendapat gangguan bipolar dan depresi! Aku dalam umur 30, ya kuekspresikan kemarahanku ketika aku marah. Aku manusia yang punya hak untuk memikirkan diriku~ Sasaeng tidak hanya sasaeng~ mereka penguntit atau bahkan Penuai Suram! Aku shok dan hatiku kaget ketika melihat apa yang dibahas Jaejoong di KakaoTalk~Meski banyak kata dan ekspresi, mengapa yang ditulis Jaejoong terlihat yang paling mengerikan dan paling memusingkan di dunia? Bahkan anak umur tiga tahun dapat mengekspresikan kemarahan dan emosi mereka ketika tidak dapat melakukan yang ia inginkan~ Orang-orang itu telah membuat memar hati orang lain~ Hanya dengan begitu mereka seenaknya sendiri!Mereka anak-anak yang bahkan menderita tanpa mereka (sasaengs)! Aku benci kenyataan ini! Tapi tak ada yang bisa kulakukan untuknya! Hal yang paling menyedihkan adalah apa yang Jaejoong katakan untuk mengekspresikan perasaannya.
Ini menjadi insiden yang sangat memuakkan, aku, yang sedang hamil, bahkan berpikir: “PEKERJAANKU ADALAH UNTUK MATI KETIKA MEREKA MENYURUHKU UNTUK MATI, LALU…” Aku sangat marah, air mata turun mengingat aku akan segera melahirkan anakku untuk melihat dunia yang gila seperti ini.
Trans by; Buniustyle of JYJ3 dan dlwpdldhkdlwp | Alih bahasa oleh Hea Chiyoko @ Korean Chingu
Pada akhirnya, biasanya dia bilang Jaejoong pernah menjelaskan padanya bahwa jika di sana masih ada fan yang tertinggal, dia masih akan tetap menyanyi. Selama ia masih bisa menyanyi untuk fans-nya, itu akan jadi bagus dan selain itu, dia menyanyi untuk fans-nya bukan sasaeng fans. Dia juga meminta untuk tetap melihat JYJ dan tetap mendukung mereka.
Junsu’s brother (JUNHO)
Melihat masalah ini dari wakil fans, kenyataan masalah ini sangat mengganggu. Kupikir akan benar mengenal mereka bukan sebagai fans tapi penguntit. Kriminal dalam hidup dan mati…kata-kata yang sesungguhnya dan ekspresi wajah, aksi-aksi dan suara-suara dari orang-orang yang benar tidak termasuk dalam audio ini…Ini adalah peralihan dari setan. Sebelumnya, ketika saudaraku pulang dari liburan, aku lihat wajahnya menderita dari sasaengs tapi aku bilang karna mereka fans, mereka akan memperlakukan JYJ dengan baik…hingga aku pergi bersamanya, setelah itu kupikir ini menjengkelkan…Mereka cinta fans mereka lebih dari apapun, dan JYJ sangat berterima kasih kepada mereka…Tapi karna sasaeng, kebalikan ini (T/N:dalam kebudayaan fan) sangat menyakitkan…Sebelumnya, kebudayaan fan berkembang menjadi kesatuan yang indah. Fans yang memiliki bintang mereka, dan bintang yang memiliki fans mereka.
Setelah ini, aku berharap semoga akan ada perubahan kembali, atau bahkan, budaya fan yang lebih indah di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar